Komparasi Laga Tiga Keyboard Arranger High Quality Beken

Komparasi Laga Tiga Keyboard Arranger High Quality Beken

Revolusi Electronic Keyboard memang mencengangkan. Dari saat Dr Moog menemukan mesin sintesa bunyi hingga jaman sekarang dengan adanya workstation pintar. Electronic Keyboard tak hanya sebagai mesin penghasil bunyi, melainkan memiliki beberapa fungsi yang bersifat multi purposes. Dari mulai hiburan rumahan yang sangat personal sampai pada pembuatan Soundtrack film yang menakjubkan.

By AUDIOPRO

Sebagai sebuah produk industri, Keyboard tentulah saling bersaing di pasar konsumen. Maka selain terbagi atas fungsinya, Keyboard juga terbagi dalam beberapa level berdasarkan harga dan tentu saja fiturnya. Namun, dari kesemuanya itu, Arranger Keyboard dapatlah dikatakan sebagai spesies yang cukup laris manis.Digemari banyak kalangan. Tentu ini karena kemampuannya yang bisa sebagai hiburan personal namun juga dengan skill yang mumpuni dapat menjadi Music Production Utility.

Di Indonesia, Arranger Keyboard dirajai oleh 3 nama besar. KORG, YAMAHA dan ROLAND. Tentu ini tak berarti apapun. Nama merk lain tentu juga memiliki kiprahnya tersendiri. Termasuk beberapa merk “baru” buatan China yang secara perlahan tapi pasti mulai menarik hati user di Indonesia. Dan di satu sisi ini menguntungkan konsumen karena berarti semakin banyak pilihan. Namun di sisi lain, fenomena ini juga cukup membingungkan. Karena konsumen menjadi bingung dan nyaris tersihir hingga seringkali lupa akan prioritas apa yang ingin diperolehnya dari membeli Arranger Keyboard.

keyboard
keyboard
keyboard

Action Comparison

Sehubungan dengan hal tersebut, berdasarkan pengalaman puluhan tahun dan jatuh bangun dalam ranah Professional, berikut adalah komparasi laga atau Action Comparison dari 3 nama terbekan Arranger Keyboard untuk pasar Indonesia. Sebelumnya ada beberapa hal yang Reviewer rasa perlu diperhatikan dan dicermati. Pertama bahwa komparasi laga ini bersifat sangat subyektif. Berdasarkan pengalaman professional reviewer dan tentu saja selera. Tidak ada endorsement sama sekali dari ketiga nama yang dikomparasi. Tujuan komparasi ini sama sekali bukan dimaksudkan memilih pemenang. Melainkan memilih yang paling optimal dari segi laga atau actionnya.

Dalam komparasi laga ini, reviewer menelaah KORG PA 1000.YAMAHA PSR SX 900. ROLAND EA 7. Seri tersebut dapatlah dikatakan high series setiap nama. Beberapa parameter bisa saja tak dimiliki oleh satu merk. Namun komparasi ini bukan membandingkan kesetaraan melainkan sekali lagi pada laga nya.

Fisik Tuts

KORG **** YAMAHA *** ROLAND *

Tuts atau Keys, merupakan elemen utama dalam sebuah Arranger Keyboard. Pada tuts itulah jemari sang pemain berlaga. Dalam Arranger keyboard terdapat banyak sekali bunyi. Keadaan fisik tuts sangat mempengaruhi dexterity jemari dalam “mengalun” bunyi yang dipilih. Roland sangat hebat. Tuts nya nyaman dan kekar. Yamaha, terasa agak tipis meski tetap nyaman.

keyboard

Antarmuka pengguna

KORG **** YAMAHA ***** ROLAND ***

Antarmuka Pengguna dalam istilah teknisnya disebut sebagai USER INTERFACE. Ini adalah cara kita berinteraksi dengan software yang terpasang di pirantinya. Yamaha sangat unggul dalam hal ini.

Sementara Roland meski terus berevolusi masih belum menunjukkan keakraban interaksi dengan pengguna. Namun sekali lagi ini yang dirasakan Reviewer secara pribadi.Sebetulnya ada 3 jenis User Interface. Grafis, Perintah dan Form Based. Sebetulnya yang dimaksud unggul bukan berarti yang lain itu buruk. Melainkan lebih nyaman dalam interaksinya.

Unsur Irama

KORG **** YAMAHA **** ROLAND *

Untuk Yamaha dan Roland dimungkinkan Voice Change pada sebuah Track Style. Pada KORG, fasilitas tersebut tak reviewer temukan . Namun Fill in panjang yang sampai dengan 4 bars, Yamaha masih terbatas. Korg dan Roland sudah sejak lama memiliki fasilitas tersebut.

Sistem Operasional

KORG * YAMAHA **** ROLAND ****

Korg sudah memakai OS berbasis LINUX sementara Yamaha dan Roland OS nya khas milik mereka. Apa artinya? Pada KORG anda tidak perlu menggunakan Laptop atau Komputer untuk melakukan editing bunyi.

Nuansa Alamiah Bunyi

KORG * YAMAHA **** ROLAND *****

Terus terang saja, jujur, bagi Reviewer, Sound Yamaha meski juga sangat hebat sampling nya masih menyisakan kesan “mesin”.

Kontrol Panel

KORG *** YAMAHA ***** ROLAND ****

keyboard
keyboard

Pada Yamaha Pengaturan knob lebih eye catching. LCD nya juga menarik dan ada LED pula sebagai penerangan petunjuk tambahan.

keyboard

Demikianlah, Editor”s choice kali ini yang menampilkan perbandingan laga Arranger Keyboard merk beken. Dan…. Pemenangnya adalah ………… SELERA MUSIKAL DAN TELINGA ANDA !!!!

jangan lupa follow IG Audiopro.Indonesia

gitaris

artikel ini dapat dibaca dalam format PDF melalui majalah Audiopro edisi 64. Dapatkan secara mudah cukup klik DOWNLOAD disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *