Pentingnya System Monitoring Panggung Live bagi Musisi & Band

Pentingnya System Monitoring Panggung Live bagi Musisi & Band

Kebutuhan system monitoring panggung memiliki peran penting selain system tata suara utama (FOH). apabila hasil mixing monitor panggung tidak baik maka musisi pun tidak akan tampil maksimal, akibatnya keluaran suara di speaker foh tentu tidak akan maksimal. oleh karenanya, sound engineer monitor wajib melakukan mixing monitor sebaik mungkin yang bisa mengangkat mood seluruh pemain. Apabila musisi bermain nyaman dan maksimal di panggung, maka sound engineer foh dapat melakukan mixing dengan leluasa dan maksimal. alhasil, keluaran speaker utama (FOH) akan bagus dan bisa dinikmati oleh seluruh penonton.

By AUDIOPRO
system monitoring

Wajib diketahui dan dipahami dengan baik, koordinasi dan komunikasi antara seluruh personil musisi dengan sound engineer monitor dan FOH harus dijalankan sebaik mungkin sedari sebelum perform atau acara dimulai, jika ingin hasil output yang akan didengar penonton clear, balance dan terkesan baik. Jadi saat momen gladi resik atau checksound itu haruslah dimanfaatkan juga untuk memunculkan jalinan kerja sama yang apik antara musisi dengan sound engineer begitu juga antar sesama musisinya, bukan hanya sekedar men-setting sound yang sesuai.

PERANAN PENTING PERSONIL BAND

Dalam setiap band, pasti terdiri dari beberapa musisi dan vokalis. Tetapi siapakah diantaranya yang memegang peranan penting agar semua musisi tersebut dapat tampil optimal. Yang utama adalah
Drummer. Karena Instrument drum yang memiliki level suara paling besar. Semakin suara drum besar, akan memicu personil lain untuk mengangkat levelnya masing-masing. Jadi kalau dari segi level suara, Drummer haruslah menjadi orang pertama yang berusaha menyeimbangkan sound secara keseluruhan. Salah satu saran yang paling sering diadapatkan Audiopro dari berbagai sumber para sound engineer adalah sebaiknya drummer menggunakan in-ear monitor (IEM) atau memakai mixer kecil yang outputnya dikirim ke headphone. Dari situ si drummer bisa memonitor soundnya sendiri tanpa harus mengganggu personil yang lain.

system monitoring

Cara yang lebih sederhana saat ini sudah banyak dijual drum head yang bisa mereduksi level sound drum tanpa mengurangi sentuhan akustiknya. Sehingga drummer tetap bisa bermain sesuai fill-nya tanpa merasa mengganggu musisi yang lain. Ada juga cara unik yaitu menggunakan both drum portable, walaupun hal ini sepertinya sangat tidak umum dan dapat menghilangkan nuansa live-perform untuk si drummer. Untuk panggung kelas profesional output monitor drum biasanya di-setting dari floor monitor dan sidefill, sehingga sudah cukup memberikan ambience yang memadai bagi si drummer. Hal ini cenderung membuat drummer tidak bermain keras.

system monitoring

Peranan Penting Vokalis

Personil lain selanjutnya yang berperan penting adalah vokalis. Sudah jelas karena level suara vokalis sangat terbatas dan dipaksa sebagaimanapun tidak akan bisa mengalahkan semua suara instrument
apalagi drum. Jadi tidak salah kalau pada umumnya vokalis seolah-olah selalu menjadi leader sebuah band. Selain dia yang wajib hafal dan mengkomando urutan dan dinamika lagu, hal mengenai level suara tersebutlah yang menjadikan vokalis menjadi leader. Makanya seringkali apabila vokalis tidak bisa leading, pasti akan berantakan. Melihat dari hal-hal tersebut, maka drummer memang wajib untuk menjaga dinamika level suara dan memastikan temponya tetap stabil disaat bermain.

Ada sedikit trik dari beberapa sound engineer yang pernah ditemui oleh Audiopro, untuk mendukung vokalis agar mudah leading band-nya. Sangat dianjurkan musisi pengiring tidak mengatur level berlebihan. Bagi penyanyi, hindari mikrofon terarah ke speaker monitor untuk menghindari feedback dan usahakan mikrofon sedekat mungkin dengan sumber suara. Selain itu, penyanyi harus bisa menjaga dinamika ketika sedang bernyanyi.

MENGERTI SISTEM MONITOR

Kembali ke topik utama, soal sistem monitor. Jadi apakah musisi harus mengerti sistem monitor? Sebenarnya inti dari pengetahuan akan sistem monitor yaitu keseimbangan dan keselarasan sound seluruh personil band yang ujung-ujungnya ke FOH untuk diperdengarkan ke khalayak umum atau penonton. Bukan hanya untuk ceksound atau output instrumen masing-masing pemain. Dengan memiliki pengetahuan tersebut, akan menjadi lebih mudah untuk para musisi untuk dapat saling memposisikan diri dan membentuk chemistry yang kuat, sehingga mengurangi ego yang dapat menjadikan masalah. Hasilnya, setiap personil akan merasa enjoy dan performa menjadi optimal, sebagai bagian dari kualitas musik yang baik.

system monitoring

SOUND ENGINEER SISTEM MONITOR

Sistem monitor tidak akan terlepas dari sound engineer, ya tidak mungkin musisi melakukan monitor sendirian. Sudah sangat umum apabila sebuah band memiliki sound engineer sendiri. Selain hal itu sudah lumrah sound engineer merupakan bagian dari band secara internal, juga akan menumbuhkan kedekatan dan chemistry tersendiri, sehingga sond engineer dan para musisinya dapat bekerjasama secara maksimal karena pada dasarnya sudah saling mengenal karakter masing-masing.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah fakta bahwa saat mixing monitor sering kali terjadi perbedaan atau perubahan antara sound cek dengan saat show berlangsung. Salah satu yang hampir pasti terjadi adalah, ketika show berlangsung, venue sudah dipadati penonton dan bisa saja noise yang ditimbulkan oleh audience mengganggu monitor dan para pemain jadi sulit mendengar dari floor monitor. Serba salah memang, disatu sisi tidak mungkin sebuah show tanpa noise dari audience, karena bisa membangun mood.

PERANGKAT PENDUKUNG

Berbagai perangkat tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran sistem monitor. Dalam sebuah show mixer pastilah penting, karena menjadi jantung koneksi antar perangkat lainnya. Mengingat sistem
monitor banyak membutuhkan output untuk mengirim sinyal ke monitor IEM (in ear monitor), floor monitor (wedges) dan juga side fill, jadi cukup menggunakan mixer yang memiliki banyak output atau memiliki fasilitas auxilary send.

system monitoring

Perangkat utama untuk mendengar hasil output sound tentu loudspeaker monitor itu sendiri yaitu floor monitor. Ukuran bisa berpengaruh apakah itu jenis 10”, 12”, atau 15”, karena masing-masing ukuran
loudspeaker memiliki karakter berbeda, sehingga bisa saja outputnya juga berbeda seperti kelebihan bass, kurang bass atau mid yang berlebihan. Jadi harus sangat benar-benar teliti disaat cek sound.
Yang paling nyaman bagi player bisa menggunakan in-ear monitor. Alasannya lebih ke penampilan, jadi bisa bebas bergerak.

Disamping seluruh pengetahuan, teknik, Perangkat pendukung, dan chemistry antar personil, tidak selalu menghasilkan output sound yang berkualitas atau sesuai harapan. Akan lebih baik keluaran suara dari setiap monitor perlu di EQ. Tujuannya untuk memotong frekuensi yang berpotensi menyebabkan feedback.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan dan perangkat memang bisa menunjang kelancaran dalam proses sistem monitor panggung. Namun tetaplah kerja sama seluruh personil band dan saling memahami satu sama lain menjadi kunci utama keberhasilan performa band diatas panggung.

Terus maju musik Indonesia.
Stay creative …. Stay healthy

@audiopro.indonesia

gibson

Dapatkan berbagai informasi dan berita menarik teraktual dari dunia musik & audio hanya di Audiopro. Download langsung majalah audiopro terbaru disini.

Share

One thought on “Pentingnya System Monitoring Panggung Live bagi Musisi & Band

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *