Projector BenQ W4000i Menghidupkan Home Theater 4K (Complete Review)

Projector BenQ W4000i Menghidupkan Home Theater 4K (Complete Review)

BenQ sebuah pabrikan projector asal Taiwan belum lama ini merilis produk terbarunya Projector Home Theater BenQ W4000i dengan density 4K. Artinya projector BenQ ini resolusi horizontalnya mencapai 4000 pixel. Disebut pula sebagai UHDTV (Ultra High DefinitionTV) dengan jumlah pixel 3840 x 2160 pixel. Tepatnya empat kali kerapatan pixel HD biasa dengan jumlah pixel 1920 x 1080 pixel. Selain itu ada color gamut (kelengkapan warna) yang harus memenuhi standar dari Rec 709 RGB (mode film maker) dan DCI-P3 RGB (mode pengguna 100% DCI-P3). Transisi kondisi gelap ke terang sangat halus memenuhi standar 2,4 Ref. Perbedaan utama antara gambar HD 4K dengan HD normal adalah kualitas gambar yang lebih detail, lebih tajam, dan vibran warna lebih hidup.

By AUDIOPRO

Khusus Hiburan Rumah & Cafe

Perangkat projector BenQ ini dirancang khusus hiburan rumah (bioskop rumah) dan hiburan café (nonton bareng). Oleh karena itu dipersiapkan pula fasilitas Android TV pada remote control yang diwakilkan oleh kehadiran YouTube, Netflix, Prime Video, dan Disney. Memudahkan para pemakai untuk menayangkan acara ini, tanpa harus ribet membuka PC.

projector benq w4000i
projector benq w4000i

Khusus acara TV Android, ada remote khusus yang lebih sederhana. Jadi Projector BenQ W4000i memiliki dua jenis remote. Satunya untuk menata parameter gambar dan satu lagi untuk memainkan Blu-ray atau video streaming. Ada fasilitas Voice Assistant untuk menata segala fungsi remote melalui perintah suara. Bila ingin berpergian dan membawa projector maka tidak perlu membawa remote asli, cukup download aplikasi BenQ W4000i di smartphone. Untuk memainkan video streaming diperlukan pemasangan dongle TV Android QS02 ke dalam kotaknya yang berada di belakang projector.

projector benq w4000i

Penataan Gambar

BenQ W4000i dilengkapi dengan fasilitas penataan gambar. Seperti menata pergeseran tembakan sinar gambar ke arah vertikal dan ke arah horisontal melalui 2 knob putar di atas projector. Selain itu ada fasilitas menata cacat trapezium menggunakan tombol “keystone” pada remote penata gambar. Untuk menata fokus gambar adalah dengan cara memutar badan lensa sehingga mendapatkan gambar tajam. Jantung dari BenQ W4000i adalah chip kecil DMD (Digital Micromirror Device) buatan Texas Instrument. Berbeda dari produk terdahulu, kali ini BenQ tidak menggunakan lampu tunggal melainkan memakai 4 LED warna sehingga tidak memerlukan roda penapis warna yang sering menimbulkan RBE (RainBow Effect).

projector benq w4000i

Umumnya projector memakai 3 warna dasar; biru, merah, dan hijau tetapi pada projector ini ada tambahan 1 LED biru pompa (pump blue) yang dipasang bersebelahan dengan LED biru biasa. Sinar dari LED biru pompa ini dikenai ke phosphor keramik yang mengubah warna aseli biru menjadi hijau. Dengan cara ini maka intensitas warna hijau bertambah 40% dan intensitas seluruh warna meningkat antara 8% hingga 12%. Gambar pemandangan di padang rumput kian hidup dan jelas. Lampu LED ini mampu beroperasi 20.000 jam (mode normal) atau 30.000 (mode eco).

projector benq w4000i

Perbandingan kontrasnya 1 : 2000.000 dan berkekuatan sinar 3200 ANSI Lumens menandakan semburan sinar cukup terang sehingga dapat ditayangkan di ruang tidak gelap pekat.

Uji Gambar

Pengujian kami lakukan di workshop Benny D dengan menggunakan Blu-Ray player Reavon UBR-X100 buatan Perancis dengan menggunakan interkonek HDMI. Sebagai referensi software kami gunakan piringan Serifikat ISF (Imaging Science Foundation) untuk menguji parameter gambar reproduksi projector BenQ W4000i. Dimulai dari Color Bar.

Color Bar

projector benq w4000i

Dari maping Color Bar kami ketahui standar pabrik BenQ W4000i memiliki bagian merah, hijau, biru yang seimbang sehingga tidak dibutuhkan penataan RGB lagi. Juga warna bar kuning sesungguhnya kuning, bukan jingga. Warna jambon sesungguhnya jambon bukan ungu. Pada tepi perbatasan jambon dan merah tidak ditemui “venetian blind” (garis garis horisontal yang bergetar). Juga bagian putih sesungguhnya putih murni tidak ada pewarnaan tambahan. Setiap produk projector BenQ W4000i menjalankan pengujian QC harus memenuhi 100% color gambut DC-P3 untuk mode user dan 100% color gambut Rec.709 untuk mode Filmmaker. Tingkat gradasi color gamma harus memenuhi standar 2.4 Ref yang beralih dengan smooth. Dari gelap ke terang atau sebaliknya dari terang ke gelap.

Gradasi Brightness

projector benq w4000i

Pada posisi brightness 50% gradasi memiliki detil di bagian gelap yang nyata. Ada 3 bar nampak di balik kegelapan, ketiga bar mulai hitam pekat, hitam abu abu dan hitam cerah (lihat tanda panah). Sedang 4 bar horisontal mengalami gradasi cukup halus dan berimbang mulai dari gelap hingga terang.

Ketajaman

projector benq w4000i

Menggunakan pola garis vertikal tipis kami menguji ketajaman (sharpness) gambar. Terlihat bagian garis hitam (di bawah berlatar putih) dan garis putih (di atas berlatar gelap) adalah sama ketebalannya. Biasanya garis hitam mengecil dan garis putih melebar. Sedangkan pada gambar ini ketebalan garis putih dan garis hitam adalah sama

Contras Effect

projector benq w4000i
projector benq w4000i

Efek kontras (contras effect) terjadi apabila pada pola bulat seperti ini di berikan kontras sedemikian kuat sehingga terjadi “outline” di tepinya. Misalnya ada lingkaran hitam di latar belakangi abu abu. Jika pengaturan kontras jelek maka gambar lingkaran hitam mengalami efek outline putih yang menempel di tepian garis hitam. Dan kami tak melihat Efek Kontras seperti ini yang mengganggu kualitas gambar.

Uji Video

projector benq w4000i

Kami lakukan pengujian projector BenQ W4000i setelah semua parameter kami tata dalam posisi terbaik. Lalu kami mengujinya dengan sejumlah film antara lain: Deep Rising, Mission Impossible Ghost Protocol, dan Indiana Jones Kingdom of Crystal Skull. Dalam uji video ini kami tidak memadamkan seluruh lampu yang ada di workshop. Cahaya temaram saja, ini sesuai dengan kondisi kebanyakan ruang home theater keluarga yang biasanya anti gelap.

projector benq w4000i

Dalam kondisi seperti ini kualitas gambar terlihat sebagai berikut: kontras cukup tajam, resolusi warna bagus sekali penuh vibran, dan perbandingan kontras tetap terjamin baik dalam kondisi gambar terang atau gelap. Barangkali ini efek dari HDR PRO (High Definition Range) yang diadopsi di projector ini. Dengan jangkauan pencahayaan yang dinamis maka baik dalam posisi gelap misalnya di malam hari hanya mengandalkan cahaya bulan – maka detail konten objek masih terlihat. Juga di siang hari dengan terpaan cahaya matahari yang kuat , detail konten tetap terjaga, tidak “glowing” (berpendar).

Kesimpulan

Dari pengujian ini dapat diresume bahwa projector BenQ W4000i memiliki karakter HDR (High Density Range) yang bagus. Perbandingan kontras baik di siang hari atau malam hari yang gelap tetap terjaga. Ketajaman gambar juga nampak bagus dengan tidak adanya perubahan ketajaman dalam kondisi terang maupun gelap. Warna gambar tayangan terlihat hidup – ini akibat pemakaian teknologi HDR-PRO dan CinematicColor yang selain menambah detail gambar juga membuat warna semakin hidup penuh vibran.

Informasi selengkapnya https://benqurl.biz/3KK0rMj

gitaris

Artikel ini dapat dibaca dalam format PDF melalui majalah digital Audiopro edisi 62. Dapatkan secara mudah, langsung DOWNLOAD disini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *