Radial TONEBONE PZ-PRE D.I. Preamp

Radial TONEBONE PZ-PRE D.I. Preamp

SOUND SERTA TONE YANG KONSISTEN MEMILIKI KEUNTUNGAN TERSENDIRI DAN IMPIAN SEMUA GITARIS DI ATAS PANGGUNG. KARENA HAL ITU AKAN MEMBUAT MEREKA NYAMAN DAN MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI.

Namun Banyak gitaris merasa tidak puas dengan hasil reproduksi sound gitar akustiknya. Padahal konstruksi, material, serta pickup sudah mendukung untuk playability dan tone. Kemungkinan besar ada faktor yang terlewatkan, yaitu preamp. Preamp adalah perangkat yang memungkinkan untuk menambah volume atau shaping tone. Memang kebanyakan gitar akustik di pasaran sudah di lengkapi dengan preamp, tapi bukan jaminan sudah mengakomodir kebutuhan gitaris. Untuk itulah pabrikan asal Canada, Radial memperkenalkan lineup tonebone untuk instrument preampnya yaitu Tone Tonebone PZ-Pre yang akan di review Audiopro kali ini.

DESAIN SERTA FITUR

Berdimensi sekitar 20 cm, efek yang memerlukan daya sebesar 15v DC ini mempunyai point lebih dari sisi ergonomis karena sangat menghemat tempat di pedalboard ataupun penggunaan mobile. Housing material berwarna hitam dipadu logo Radial technology yang merupakan ciri khas dari desain produk mereka serta 3 buah footswith yang kokoh membuat pedal ini sangat solid. Tonebone PZ-Pre dibagi menjadi 3 section yang berbeda. Pertama ada section input, pedal ini memiliki 2 channel input dimana pada channel pertama terdapat 3 input yang berbeda dan di channel kedua hanya terdapat 1 input dengan independen level serta separate eq untuk control masing-masing input. Di input 1 ada koneksi 1/4 “jack socket dan input untuk piezo pickup buffer yang dinamakan PZB. PZB memiliki fleksibilitas impedance dengan pilihan antara 6.8K ohm yang ideal untuk aktif piezo pickup dan sebesar 10M ohm dengan penambahan gain sebesar +10dB. Lalu ada input blend mix yang dapat di gunakan untuk gitar yang memiliki koneksi 2 output pickup berbeda. Selanjutnya, yang kedua adalah section EQ. Di section ini terdapat 3 band EQ untuk masing-masing input dan semi-parametric mid-range EQ pada knob mid untuk mengcut atau memboost frekuensi antara 82Hz sampai 5.6kHz, low cut filter antara 80 Hz dan 200 Hz, dan notch filter yang berada di frekuensi antara 56Hz dan 300Hz dengan setting normal -8dB atau deep -15dB. Terakhir, di section ini terdapat boost dengan maksimum output +12 dB, phase reverse dan efek loop. Ketiga ada section output yang terdapat sebuah 1/4 “ line output jack socket, Post-Eq DI out yang dilengkapi polarity reverse hingga 180° untuk sinyal wet, Pre-Eq DI out yang dilengkapi ground lift untuk sinyal dry, mute footswitch dan tuner out.

Foto: Fajar Sutrisno

TEST
Prinsip dasar signal chain Tonebone PZ-Pre adalah Input – Dry pre eq out – low cut filter- notch- eq – boost – efek loop – wet post eq out – out. Saat mencoba pedal preamp ini Kami coba simulasikan penggunaan Tonebone PZ-Pre untuk penggunaan live mengunakan gitar fender CF-60CE steel string dengan output ke mixer Proel MQ-6FX lalu ke speaker Soundlab HM-15.

Pertama, Kami coba dengan signal chain dari gitar- input – output dengan semua eq di setting  at. Saat  ngerpick dan strumming memainkan beberapa chord, dengan mid yang tidak terlalu over artikulasi setiap string yang natural dan transparent di repro dengan baik oleh preamp ini. Karena karakter gitar yang Kami gunakan berbody tipis dan mempunyai frekuensi dominan mid sekitar 800Hz, Kami coba turunkan mid ke arah puckul 10 dan memutar knob freq ke arah pukul 2. Tone shaping yang sangat responsive memberikan karakteristik tone gitar yang lebih rich di setting tersebut. Selanjutnya, Kami coba tambahkan efek modulasi pedal external melalui send-return dengan chorus serta reverb. Feel petikan senar serta tone yang di hasilkan terdengar lush dan wide. Tanpa melewati section preamp, adanya efek loop seri di sini memberikan sound yang lebih rich. Terakhir Kami akftikan boost yang bisa di gunakan saat memainkan solo. Boost di sini mempunyai karakter volume booster. Saat Kami buka knob boost di arah pukul 2, tanpa menghasilkan colouring tone, sound terdengar transparan. Selain itu switch boost di sini dapat di atur untuk mengaktifkan/ menonaktifkan efek loop secara manual.

OVERALL
Tonebone PZ-Pre merupakan perpaduan antara preamp, equalizer serta DI box dengan 2 input channel ke dalam sebuah pedal. Selain itu, perpaduan ketiganya didukung oleh fleksibilitas fitur tone shaping serta koneksi yang mumpuni. Tidak hanya untuk gitar akustik, Tonebone PZ-Pre juga dapat di gunakan untuk bermacam instrument yang memiliki output pickup system berbeda seperti violin, cello, contrabass, mandolin, dan banjo. Adanya fitur FX loop dengan konfigurasi serial loop dapat di maksimalkan untuk menambahkan efek modulasi. Dengan kelebihan yang massive, Kami rasa bagi para gitaris yang menginginkan sebuah preamp yang dapat memberikan sound dan tone yang konsisten, Radial Tonebone PZ-Pre wajib digunakan dalam pedal board Anda.

Teks: Ressa SM

SPESIFIKASI
 Inputs 1 & 2, Output (instrument): ¼» Phone unbalanced
 Input impedance: Normal 6.8k Ohm, Piezo 10Meg Ohm
 PZB buff ers: +10dB boost
 Low-cut filter: 75Hz / 220Hz
 Notch filter range: 56Hz – 330Hz
 Notch Q: -8dB / -15dB
 Low EQ, High EQ: Shelving type +/-12dB (75Hz)
 Mid EQ: Semi-parametric +/-12dB (82Hz – 5.6kHz)
 Power Boost: Unity gain to +12dB max.
 Effects Loop: ¼» Phone unbalanced, Send 1k Ohm / Return 15k Ohm
 Switching: FET Switching
 Tuner output: ¼» Phone unbalanced,
 Pre-EQ output, Post EQ output: XLR, balanced,
 Power supply: 15VDC, 400mA

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *